Tips-Tips Sebelum Membeli Genset Portable

Peristiwa padamnya listrik di Indonesia sudah sering kali terjadi. Bahkan di pulau Jawa yang menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi, terputusnya aliran listrik seakan menjadi hal yang biasa. Awal bulan Oktober tahun 2020 lalu, terdapat 8 wilayah di Jawa Timur yang mengalami pemadaman listrik. Terputusnya aliran listrik di beberapa wilayah di Jawa Timur tersebut dikarenakan gangguan sistem 150 Kv Manisrejo-Nganjuk. Hal ini tentu sangat menghambat kegiatan masyarakat di banyak bidang kehidupan. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, alangkah baiknya melengkapi rumah atau tempat industri anda dengan generator cadangan. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, kegiatan rumah tangga maupun kegiatan industri tidak lagi terganggu. Genset portable terbaik sangat disarankan untuk cadangan listrik rumahan maupun industri ringan hingga sedang.

Genset dengan desain ramping dan kecil ini, membuat lebih mudah untuk dibawa dan digunakan dimana saja. Akan tetapi, sebelum membeli genset untuk kebutuhan listrik anda. Alangkah baiknya anda mengetahui dan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Genset harus disesuaikan dengan kebutuhan

Genset terdiri dari dua jenis, yaitu genset stanby dan genset portable atau genset mini. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua genset tersebut adalah mengenai harga. Genset stanby cenderung lebih mahal dari pada genset mini. Alasan karena harga murah itu pula yang membuat genset mini banyak diminati masyarakat Indonesia. Bagi anda yang memiliki budget kecil untuk membeli cadangan listrik ini, genset mini menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Penggunaan untuk kebutuhan rumah tangga yang tidak terlalu memerlukan tenaga listrik yang besar, membuat genset mini dirasa cukup untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

  1. Menghitung kebutuhan listrik prioritas

Sebelum membeli genset akan lebih baik jika sebelumnya anda memilah dan memilih mana saja peralatan elektronik yang wajib untuk selalu hidup. Peralatan elektronik yang menjadi prioritas tersebut kemudian diakumulasi jumlah dayanya. Berdasarkan prioritas itulah anda dapat membeli genset dengan kapasitas daya yang cukup untuk menghidupkan prioritas kebutuhan listrik tersebut.

  1. Bertanya kepada orang lain

Jika anda kurang memiliki pengetahuan mengenai merek maupun kualitas genset. Bertanya kepada orang yang lebih mengetahui dan berpengalaman menjadi salah satu cara agar anda tepat memilih jenis serta kualitas genset yang dibutuhkan. Jangan sampai kualitas dan daya listrik dari generator yang anda beli, tidak mendukung untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah anda.

  1. Mempelajari cara menggunakannya

Membaca buku panduan yang terdapat pada produk genset yang anda beli menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum mengoperasikan mesinnya. Apabila tidak juga paham, bertanya kepada pemilik toko atau pun orang yang lebih mengetahui, menjadi alternatif lain untuk memahami cara menggunakannya.

  1. Memperhatikan kualitas

Tentu anda sudah sering mendengar kalimat “ada harga ada rupa”. Pepatah tersebut menggambarkan bahwa harga barang juga menentukan kualitas produk. Sehingga lebih bijaksana jika anda tidak hanya melihat harga sebagai bahan pertimbangan untuk membeli, melainkan juga kualitas produk. Tidak jarang ditemukan suatu produk dengan harga yang cenderung lebih miring, namun ketika digunakan cepat rusak.

  1. Mengisi bahan bakar dengan benar

Kebanyakan bahan bakar genset mini adalah bensin dengan campuran oli. Untuk itu pastikan anda tidak salah dalam mengisi bahan bakarnya. Digunakannya oli sebagai bahan campuran juga perlu perhatian khusus. Jika warna oli sudah terlalu hitam atau keruh, sebaiknya anda ganti dengan oli yang baru. Supaya kualitas mesin genset portable anda tetap terjaga.

Tagged : /