Pemeliharaan Tangki Solar Yang Tepat

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah mengenal apa itu tangki solar. Pada dasarnya tangki solar sendiri merupakan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk menyimpan jenis minyak mentah ataupun minyak yang sudah mengalami proses kimia. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa tangki solar tetap dapat digunakan untuk menyimpan air biasa. Namun karena kegunaan tangki solar untuk menyimpan bahan bakar minyak mentah maupun minyak hasil pengolahan maka bahan baku dari tangki ini bersifat khusus.

 

Kebanyakan tempat yang jual tangki solar terbaik membuat tangki ini dari bahan fiberglass dan plat besi yang digunakan khusus untuk membuat tangki solar. Karena bahan tersebut dapat tahan ketika menyimpan bahan baku yang bersifat korosif serta dapat mencegah bahan yang disimpan menguap dan volumenya berkurang. Tangki solar sendiri memiliki berbagai macam jenis serta ukurannya. Jenis tangki solar yang banyak ada tempat yang jual tangki solar sendiri juga beragam. Seperti contohnya yaitu jenis fixed roof  tank dengan sub jenisnya yaitu cone roof tank, done roof tank, dan umbrella roof tank. Kemudian tempat yang jual tangki solar juga menyediakan jenis floating roof tank dengan sub jenisnya yaitu external floating roof dan internal floating roof.

 

Untuk pemeliharaan dari tangki salat sendiri harus tetap dilakukan untuk menjaga tangki berfungsi dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pemeliharaan tangki solar:

  1. Yang pertama yaitu untuk memelihara cat dan kuat ing dari tangki solar tersebut. Untuk tetap menjaga kinerja tangki solar secara maksimal maka tangki solar harus dihindarkan dari karat serta korosi. Dengan mengecat ataupun melakukan coat di bagian luar tangki solar dapat bertujuan untuk mencegah tangki solar berkarat dan terkena korosi. Menggunakan warna cat terang karena hal tersebut dapat membantu memantulkan cahaya matahari yang mengenai tangki sehingga tangkinya tidak mendapatkan panas yang berlebih. Selain itu dapat membuat bahan baku yang ada dalam tangki tidak mengalami penguapan.
  2. Tangki juga harus tetap dibersihkan. Terlebih jika tangki solar tersebut akan digunakan untuk menyimpan bahan baku yang berbeda. Dengan begitu maka dapat menjadi salah satu bentuk pencegahan karat serta korosi pada tangki. Yang terpenting yaitu, pemeriksaan secara menyeluruh termasuk pada bagian dalam tangki solar. Dengan begitu ketika terjadi kerusakan maka dapat segera diperbaiki.

 

Tagged : /