Cara Kerja AVR Generator yang Penting Untuk Genset

Dalam dunia pergensetan pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya AVR generator? AVR merupakan sebuah komponen yang cukup penting yang ada pada sebuah genset. Alat ini akan membantu genset dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, ini juga berguna untuk mengatur tegangan pada listrik yang dihasilkan oleh genset jika sewaktu-waktu dihadapakan pada tegangan yang tidak stabil saat memberikan daya listrik pada alat elektronik.
Pada dasarnya AVR generator mempunyai prinsip kerja dalam mengatur semua bagian arus pengiuatan atau yang disebut juga sedang excitacy yang terdapat pada bagian exciter. Jika dalam kondisi tegangan output dari genset dalam keadaan rendah maka secara otomatis akan bisa menaikkan besaa tegangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini juga terjadi pada sebaliknya juka tegangan pada output terlalu tinggi maka AVR Generator ini akan berkerja menurunkan tegangan. Dengan begitu akan membuat genset tidak mudah aus.
Selain mempunyai manfaat yang besar, AVR generator ini juga ternyata menjadi salah satu alat yang rentan terhadap kerusakan. Ini sering mengalami kerusakan pada bagian sekring yang putus di mana membuat tegangan tidak bsia keluar. Hal ini dikarenakan adanya kelebihan beban yang terpasanga pada bagian generator tersebut.
Terjadinya kerusakan pada AVR generator ini juga bisa disebabkan karena terjadinya konslet yang terjadi pada peralatan listrik yang sudah pasang pada genset. Ini disebabkan karena keausan pada beberapa komponen yang dapat menimbulkan putusnya tegangan listrik yang mengalir pada beban.. Ini juga akan menimbulkan percukan api yang berada di dalam kumparan kabel genset. Hal in i tentu saja sangat membahayakan karena bisa memicu terjadinya kebakaran pada genset.
Untuk mengatasi kerusakan pada AVR generator ini maka lakukan pembersihan pada bagian kumparan di sekitar area trafo yang dilewati oleh carbonbrush. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas supaya bisa menjangkau tempat-tempat yang tersembunyi. Ini adalah cara yang tepat untuk melakukan perawatan pada AVR secara lebih efektif dan efisien tentunya. Dengan melakukan perawatan ini maka Anda membuat genset menjadi lebih awet.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *